Rumah Sejuk Tanpa AC (Air Conditioning)



Rumah yang sejuk merupakan damabaan bagi pemilik rumah. Rumah yang sejuk merupakan rumah yang kondisi udara di dalam rumah tidak panas atau penghawaan di dalam rumah dan di sekitar rumah bisa lebih rendah dari kondisi sekelilingnya yang lebih tinggi atau panas.

Indonesia merupakan negara dengan rata-rata suhu yang tinggi di banyak kota-kota besarnya. Laju perubahan suhu udara kota-kota di Indonesia menunjukkan kenaikan maksimum lebih dari 1 derajat celsius dalam 10 tahun. Dari analisis data iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika yang diambil tahun 1983-2003, kenaikan suhu udara per 10 tahun ternyata 0,036 derajat celsius-1,383 derajat celsius.

Rumah yang sejuk merupakan solusi kenaikan suhu yang terjadi di negara kita. Tapi kebanyakan rumah sejuk kebanyakan merupakan dikondisikan atau buatan aitu menggunakan AC (Air Conditioning). Pengkondisian udara alami sebenarnya bisa menjadi pilihan untuk membuat rumah menjadi sejuk.

Berikut tips-tips merencanakan rumah menjadi sejuk tanpa AC (Air Conditioning) :

  1.  Pengaturan Sirkulasi didalam rumah. Artinya perlu di perbanyak udara-udara yang masuk kedalam rumah dan sebanyak mungkin udara panas didalam rumah bisa keluar. untuk mendapatkan kondisi ini caranya adalah memperbanyak bukaan pada rumah berupa jendela, boven maupun loster.
  2. Mengatur Level Plafond rumah. Semakin tinggi level plafond rumah, maka akan tercipta ruang untuk sirkulasi udara.
  3. Penggunaan Material atap yang sesuai. Material atap juga berpengaruh untuk menurunkan suhu didalam rumah. Atap yang berasal dari alam bisa menjadi pilihan untuk menurunkan suhu didalam rumah seperti genteng, sirap dan sebagainya. pemilihan warna atap yang lebih cerah bisa lebih cepat memantulkan sinar matahari langsung.
  4. Mengatur cahaya Matahari yang langsung masuk kedalam rumah. Cahaya matahari juga sangat dibutuhkan didalam rumah sebagai pencahayaan alami disiang hari agar tidak mengandalkan lampu. Tetapi Cahaya matahari yang masuk kedalam rumah sebaiknya bukan merupakan cahaya matahari langsung yang bisa membawa panas kedalam rumah
  5. Mengatur jarak yang cukup antara penutup atap/genteng dengan plafond. Ruang antara genteng dan plafond fungsinya sebagai tempat udara panas .
  6. Memperbanyak pohon dan air disekitar rumah. Pohon dan air (biasnya kolam) bisa menurunkan suhu sekitar rumah juga bisa memberikan efek psikologis bagi penghuni di dalam rumah.

Demikian tips membangun rumah yang sejuk tanpa mengandalkan penghawaan buatan atau AC (Air Conditioning).

By : Cluster Studio Tembalang

 

Untuk jasa desain rumah atau jasa borongan rumah dan jasa borongan interior silahkan hubungi kami :
CLUSTER STUDIO 
Jl. banjarsari 30 tembalang
telp : 085648244706 ; 082142529934 (hamdi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: