Merencanakan Rumah Sehat, Indah dan Nyaman

Rumah yang Sehat, Indah dan Nyaman tidak dipungkiri adalah keinginan kita semua. banyak orang yang elalukan cara apapun agar rumahnya menjadi rumah yang memnuhi kriteria sehat, indah dan nyaman mulai dari utak-atik ide rumah melalui ide sendiri maupun menyewa desainer.
Berikur ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendesain rumah agar memenuhi kriteria tersebut :

  1. Struktur bangunan/Rumah. Rumah merupakan  tempat berlindung dari panas maupun hujan, dari udara luar yang tidak nyaman, maupun dari kebisingan dari kendaraan. perencaanan yang baik adalah harus emperhatikan fungsi-funsi rumah tersebut dengan mengaplikasikannyakedalam desain.
  2. Memperhatikan perbandingan antara Luas bangunan dan luas lahan. Rumah yang nyaman adalah rumah yang bisa memenuhi kriteria KDB (Koefesien Dasar Bangunan). Perbandingan ini fungsinya adalah untuk penempatan taman dalam desain rumah. Rumah yang nyaman adalah rumah dengan penempatan taman yang cukup untuk menyerap gas CO2 dan mengahsilkan oksigen. Taman ini juga bisa difungsikan untuk area bermain anak.
  3.  Pengahawaan yang baik. Konsep “Cross Ventilation” harus di gunakan untuk merencanakan rumah yang sehat dan nyaman. Penghawaan alami dengan memperhatikan adanya udara yang masuk dan keluar dari bangunan agar hawa didalam bangunan tidak terlalu panas.
  4. Pencahayaan yang Baik. Pencahayaan dalam bangunan sangat penting. untuk merencanakaan adanya pencahayaan yang baik, maka dibutuhkan lebih banyak bukaan (jendela dan boven) pada bangunan/rumah.
  5. Penataan Ruang yang baik. Penataan ruang, atau penempatan-penempatan runag ini mengacu pada perilaku penghuni yang ada di dalam rumah itu sendiri. Dalam arsitekur modern, banyak konsep perencanaan runag untuk kenyamanan dan keberuntungan penghuni. Konsep ini “Feng Shui” bisa di praktekkan dengan lebih dahulu berkonsultasi dengan ahli feng shui anda.
  6.  Konsep Rumahku Surgaku juga bisa dipakai. Konsep ini lebih menekankan pada perbuatan atau aktivitas dari penghuni rumah. Dalam islam, pengkondisian rumah agar menjadi “Surga” ini bisa melalui menjalankan ibadah bersama di dalam rumah seperti Berjamaah Sholat bersama, rutin membaca ayat suci Al-Qur’an didalam rumah dan ibadah-ibadah yang lain. (bagi yang Islam)

By : ClusterStudio

 

Untuk jasa desain rumah atau jasa borongan rumah dan jasa borongan interior silahkan hubungi kami :
CLUSTER STUDIO 
Jl. banjarsari 30 tembalang
telp : 085648244706 ; 082142529934 (hamdi)

 

Tinggalkan komentar