Persiapan sebelum Membangun Rumah

Rumah merupakan kebutuhan mendasar dari seseorang sebagai tempat untuk berlindung, tempat menyimpan barang-barang dan melakukan aktivitas lainnya. Semua orang bercita-cita dan berkeinginan mempunyai rumah sendiri mungkin dengan cara membeli sendiri melalui developer atau membangun sendiri.

Jika kita membeli rumah melalui developer, kita tidak perlu repot untuk menyiapkan proses pembangunan. berbeda dengan kita membangun rumah sendiri, kita harus meluangkan waktu untuk mempersiapkan segalanya. Di daeah-daerah tertentu, kepercayaan sebelum membangun rumah masih banyak dilakukan dari mulai penentuan hari yang baik, peletakan batu pertama oleh sang pemilik dengan disiram air rendama emas dan proses “selametan” agar proses pembangunan lancar.

Jika mau membangun rumah sendiri atau tidak membeli melewati developer, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan selain dana untuk pembangunan :

Semua orang pasti bercita – cita dan berkeinginan mempunyai Rumah sendiri mungkin dengan cara membeli melalui developer atau membangun sendiri.

Mungkin jika Anda berencana membeli Rumah jadi melalui developer Anda tidak perlu terlalu repot dengan proses seperti orang yang ingin membangun Rumah sendiri, Anda tinggal datang ke lokasi perumahan yang Anda inginkan, datang ke bagian pemasaran, memilih cluster yang anda inginkan dan selesai.

Berbeda dengan proses jika Anda ingin membangun Rumah sendiri baik menggunakan jasa Arsitek / kontraktor maupun dikerjakan sendiri.

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang diperlukan sebelum membangun Rumah agar semuanya berjalan dengan lancar :

  1. Menyiapkan Dana/Budget. Sebelum kita memikirkan proses pembangunan atau meletakkan batu pertama, perlu menetapkan dana/budget yang tepat. perencanaan dana/budget ini untuk menghindari pemborosan-pemborosan pada proses pembangunan nantinya. Anda bisa juga berkonsultasi pada estimator untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah anda atau biasa disebut Rencana Anggaran Biaya (RAB).
  2. Memilih Lokasi yang tepat. Pemilihan Lokasi ini sangat penting sebelum menentukan untuk pembangunan. pemilihan lokasi biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal seperti sarana dan prasarana daerah maupun kedekatan dengan tempat kerja.
  3. Mengurus Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Untuk membangun rumah didaerah perkotaan yang peraturan-peraturan mengenai pembangunan sudah banyak dierapkan, sebaiknya terlebih dahulu mengurus ijin mendirikan bangunan.
  4. Membentuk tim pekerja bangunan. Pembentukan tim pekerja ini biasnya dilakukan untuk rumah-rumah besar. pembantukan tim ini juga bermanfaat bagi anda untuk menanyakan/berdiskusi tentang desain bangunan yang sesuai dengan keinginan anda.
  5. Menyiapkan Material. Meyiapkan material merupakan hal yang sangat penting sebelum proses pembangunan berjalan. tanpa persiapan material ini proses pembangunan akan mandek atau kurang efisien. Pengadaan material ini sebaiknya sesuai dengan lahan atau lokasi yang dibuat sebagai tempat diletakkannya material bangunan tersebut. Hindari pengadaan material yang berlebihan dan tidak sesuai dengan rencana anggaran yang sudah ditentukan.

Demikian hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum membangun rumah atau bangunan lainnya. Selain hal-hal diatas, yang penting juga adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar proses pembangunan berjalan lancar, selamat dan tidak ada masalah di masa mendatang.

By : Cluster Studio Tembalang

Untuk jasa desain rumah atau jasa borongan rumah dan jasa borongan interior silahkan hubungi kami :
CLUSTER STUDIO 
Jl. banjarsari 30 tembalang
telp : 085648244706 ; 082142529934 (hamdi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: